Jangan Menjadi Seteru Salib Kristus

Shalom saudara yang dikasihi Tuhan Yesus, bacaan Alkitab hari ini terambil dari Filipi 3:18-19  demikian:
Karena, seperti yang telah kerap kali kukatakan kepadamu, dan yang kunyatakan pula sekarang sambil menangis, banyak orang yang hidup sebagai seteru salib Kristus.
Kesudahan mereka ialah kebinasaan, Tuhan mereka ialah perut mereka, kemuliaan mereka ialah aib mereka, pikiran mereka semata-mata tertuju kepada perkara duniawi.

Ayat ini merupakan nasehat bukan hanya bagi jemaat Filipi tapi bagi kita juga sekarang ini.  Paulus menuliskan sambil menangis karena banyak orang yang hidup sebagai seteru salib Kristus.

Orang-orang yang dimaksudkannya tentu bukanlah orang-orang yang belum percaya, tetapi justru orang-orang yang sudah mengaku percaya dan beriman pada Tuhan Yesus.

Ternyata, kita harus introspeksi diri kita apakah kita sudah hidup sesuai dengan kehendak Yesus Kristus, ataukah kita menjadi seteru atau lawan dari salib Kristus.

Ciri-ciri seteru salib Kristus:
1.  Mengutamakan soal makanan dan penghidupan. Tuhan mereka ialah perut mereka. Rakus dan serakah tidak dikehendaki Allah. Menghalalkan segala cara, korupsi dan tindakan kejahatan lainnya karena keserakahan dan kekuatiran dunia.

2. Hidup dalam moralitas yang rendah.  Kemuliaan mereka ialah aib mereka. Tidak dapat membedakan yang baik dan yang jahat, malah justru hidup dalam tatanan etika yang salah. Yang salah dibela, yang najis dimuliakan, keluar perkataan kotor dan tidak dapat menjaga kekudusan hidup.

3. Fokus pada perkara duniawi.
Pikiran mereka dipenuhi oleh hal-hal duniawi. Kesenangan dunia dan kenikmatannya, tidak peduli akan yang rohani, tidak peduli akan Tuhan dan sesama. Mementingkan diri sendiri. Kesombongan dan keangkuhan hidup.

Marilah kita introspeksi diri pada hari ini dan saat ini. Mintalah Tuhan Yesus membimbing hidup kita untuk selalu ada dalam jalan-Nya. Amin.

Leave a Reply