Doomsday Preppers

National Geographic Channel menayangkan suatu program acara berjudul “Doomsday Preppers”, yang berisi tentang kisah-kisah orang-orang yang mempersiapkan diri mereka dan keluarganya untuk menghadapi akhir dunia.
Umumnya, mereka mempersiapkan suatu bunker khusus di dalam tanah dengan persediaan makanan yang cukup untuk beberapa bulan bahkan tahun, selain ada yang memakai kendaraan container sebagai tempat berlindung dengan mengandalkan mobilitasnya. Untuk mengantisipasi efek radiasi bom nuklir mereka mencari tempat sedemikian rupa supaya jauh dari efek tersebut dan secara khusus mereka melapisi bunker dengan teknologi tertentu agar tahan terhadap berbagai efek buruk yang akan terjadi.
Mereka juga berlatih secara fisik, dan membekali diri dengan ilmu bela diri seperti karate serta mempersiapkan persenjataan untuk menghadapi serangan dari orang-orang lain yang ingin merebut tempat atau persediaan makanan mereka, nanti ketika terjadi kekacauan di dunia akibat krisis ekonomi atau perang besar.
Apakah menurut anda semua persiapan mereka sudah Ok? Pasti luput dari bencana akhir jaman?  Apa kata Alkitab?
Tuhan Yesus berkata: ”Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang.” (Mat 24:42)
Berjaga-jaga dalam hal apa yang dimaksudkan Tuhan? Bukan secara jasmani yang ditekankan, melainkan secara rohani.  Karena jasmani akan lenyap, mati, semua orang akan mati pada akhirnya, tapi di balik kematian itu ada kehidupan kekal yang tersedia, apakah di neraka atau di surga.
Semuanya akan berlalu, langit dan bumi akan lenyap.  Oleh karena itu, jika semuanya akan lenyap, itu berarti tidak ada cara bagi kita untuk mempertahankan hidup jasmani ini secanggih apapun teknologi yang kita punya, sebanyak apapun uang dan kekayaan yang kita miliki.
Jika demikian halnya, apakah yang harus kita lakukan?  Berjaga-jaga secara rohani, artinya kita selalu bangun secara rohani, tidak tertidur.  Kalau tertidur artinya kita larut dalam dosa dan keinginan duniawi, tetapi berjaga-jaga berarti tetap berdiri di atas iman yang teguh kepada Tuhan Yesus Kristus.
Tidak cukup hanya menjadi percaya kepada Tuhan, kemudian hidup sembarangan saja.  Saudara mungkin Kristen, dari kecil sudah Kristen, tapi kalau belum percaya Tuhan Yesus secara pribadi, maka saudara belum selamat.
Tapi mungkin saudara katakan: ”saya sudah percaya Tuhan Yesus”,  tapi tidak cukup sampai disitu.  Kita harus terus berjaga-jaga secara rohani.
Alkitab katakan supaya kita mengerjakan keselamatan dengan takut dan gentar. Artinya, kita harus terus hidup setia dalam melakukan kehendak Tuhan.  Tidak lagi hidup menurut keinginan hawa nafsu daging dan dunia ini, tetapi menuruti kehendak Roh Allah.
Ambillah komitmen untuk percaya kepada Tuhan Yesus, berbalik dari dosa dan hidup bagi Tuhan. Waktunya sungguh tidak lama lagi, maka dari itu berjaga-jagalah, jadilah seorang ”Doomsday Preppers” seperti yang Tuhan mau, bukan persiapan secara jasmani untuk mempertahankan hidup di dunia ini, tetapi secara rohani agar kita menerima kehidupan kekal yang sudah dijanjikan-Nya.

Leave a Reply