Raja Minta Maaf

Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.
(Matius 5:14)

Frederick the Great adalah raja Prussia yang berkuasa dari tahun 1740-1786.  Kerajaan Prussia saat itu meliputi wilayah Jerman, Polandia, Rusia, Lithuania, Denmark, Belgia dan Ceko.

Frederick mempunyai seorang Jenderal besar bernama Von Zealand yang beragama Kristen.  Suatu kali, dalam sebuah pertemuan, raja Frederick mengutarakan sebuah lelucon kasar tentang Yesus Kristus dan semua hadirin tertawa terbahak-bahak.

Von Zealand langsung berdiri tegap dan berkata, “Tuanku, engkau tahu bahwa saya tidak pernah takut mati. Saya telah berperang dan memenangkan 38 pertempuran untukmu.  Saya sudah tua dan saya akan segera pergi ke hadirat Pribadi yang lebih besar darimu, Allah Maha Kuasa yang telah menyelamatkan saya dari dosa, Tuhan Yesus Kristus yang telah kamu olok-olok pada pertemuan ini.  Saya menghormati tuan, namun saya mengasihi Juruselamat saya di ujung hidup kekekalan saya ini.” 

Dengan suara yang bergetar, raja Frederick berkata, “Jenderal Von Zealand, saya minta maaf, saya minta maaf, saya minta maaf.”  Dan seluruh ruangan menjadi begitu hening.

Saudara yang dikasihi Tuhan, pengabdian kepada manusia jangan sampai membuat kita mengabaikan pengabdian kepada Tuhan. Kita semua yang beriman kepada Tuhan Yesus Kristus adalah terang Dunia yang memberikan cahaya dimanapun kita berada, bagi orang-orang di sekeliling kita, apakah itu di dalam lingkungan kantor dan pekerjaan kita dan dimana saja, biarlah kita selalu dapat menjadi saksi dan terang Kristus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *