Tolonglah Aku Yang Tidak Percaya Ini

Mempercayai Tuhan dengan segenap hati merupakan kehendak Tuhan bagi setiap kita.  Ia mau agar kita sungguh-sungguh percaya bahwa Ia sanggup melakukan segala sesuatu.  Tidak ada hal yang mustahil bagi Tuhan.
Ketika seorang ayah dari anak yang dirasuk setan bertemu dengan Tuhan Yesus, ia menjelaskan kondisi anaknya yang seringkali dibanting oleh roh jahat, dan sering juga diseret ke dalam api atau ditenggelamkan ke dalam air.  Ayah dari anak itu bertemu dengan sosok pribadi yang berkuasa, yang sudah terdengar dimana-mana tentang manifestasi kesembuhan yang telah Yesus lakukan.
Tapi saat berbicara dengan Tuhan Yesus, ayah ini memohon dengan mengatakan, “Jika Engkau dapat berbuat sesuatu, maka tolonglah kami dan kasihanilah kami.”
Perkataan ayah itu mengherankan Tuhan Yesus. Ia bertanya mengapa kamu mengatakan jika engkau dapat? Dan Tuhan Yesus menekankan bahwa tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!
Ayah anak tersebut pun merespon dengan berteriak, “Aku percaya. Tolonglah aku yang tidak percaya ini!”
Ada satu hal yang rupanya sering sama dengan kondisi iman kebanyakan orang sekarang ini, bahkan mungkin sama dengan kita.  Bukankah seringkali kita kehilangan kepercayaan atau bimbang terhadap kuasa Tuhan?  Di saat logika kita bermain di dalam pikiran dan melihat segala sesuatu secara akal manusia, antara mungkin dan tidak mungkin, lalu kita tanpa sadar menepis dan meniadakan kekuasaan Tuhan, maka kita pun kehilangan iman pada kemahakuasaan-Nya.  Mungkin kita masih beriman akan KeTuhanan-Nya, tapi tidak untuk kemahakuasaan-Nya. Hal seperti ini hendaknya jangan terjadi.
Tuhan Yesus mau agar kita percaya dengan sepenuh hati bahwa Dia sanggup melakukan apapun untuk menolong kita.  Di saat kita merasa iman kita lemah, berdoalah dan mintalah kepada Tuhan agar Dia menolong kita yang kurang percaya. Pengakuan semacam ini merupakan kejujuran kita kepada Tuhan, namun sekaligus penyerahan kita kepada-Nya.
Janganlah lemah iman, mintalah kekuatan Tuhan di saat engkau putus asa.  Nyatakanlah segala permohonan di dalam doa dengan ucapan syukur kepada Tuhan.
Masih ada harapan dan masih ada mujizat.  Di dalam Tuhan Yesus selalu ada jalan untuk segala masalah kita. Amin.
“Tak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *