Rahasia Ketenteraman

god-brings-peace1Nats Alkitab:
“Dalam takut akan TUHAN ada ketenteraman yang besar, bahkan ada perlindungan bagi anak-anak-Nya.” (Amsal 14:26)
Penulis Amsal menyadari bahwa ketenteraman yang sejati terletak pada hati yang takut akan Tuhan.  Amsal ini ditulis oleh Salomo yang adalah seorang raja Israel yang termashyur namanya dan mempunyai kekayaan berlimpah serta pengawal-pengawal kerajaan yang banyak jumlahnya.  Akan tetapi, ia menyadari bahwa ketenteraman hati tidaklah akan diperoleh dari kemashyuran, kekayaan atau pengawalan maupun perlindungan manusia.  Inilah yang luar biasa, suatu hikmat yang datang dari sorga, yang dinyatakan oleh raja Salomo, mengenai rahasia hidup yang tenteram.
Situasi dunia sekarang ini sangat tidak menentu.  Harga minyak dunia terus merosot tajam ke level harga yang sangat rendah, dimana hal ini akan berimbas kepada kondisi perekonomian dunia yang akan mengalami resesi.  Dunia juga diperhadapkan terus menerus dengan aksi-aksi terorisme, munculnya berbagai gerakan radikalisme, seperti ISIS di Irak, Suriah dan Libya, bahkan di beberapa negara lainnya. Keadaan yang sama juga terjadi di negara kita Indonesia.  Dimana-mana terjadi ketidakpastian ekonomi, keamanan, dan orang-orang mulai merasa tidak aman dan tidak nyaman hidup di dunia, baik orang miskin dan juga orang kaya.  Orang miskin kuatir karena tidak punya harta, orang yang kaya pun kuatir kekayaannya habis dan takut dirampok.  Keserakahan muncul, keegoisan semakin memuncak di perkotaan. Ketidakpedulian terhadap sesama semakin meningkat dan secara keseluruhan, berbagai fenomena menyebabkan ketidaktentraman hati manusia.
Ada yang mengira bahwa menjadi terkenal akan membuat hatinya tenteram.  Kompetisi-kompetisi idol di berbagai negara begitu antusias diikuti oleh banyak orang.  Juga berbagai kontes kecantikan dan kontes-kontes lainnya.  Pada umumnya, peserta yang ikut mengatakan bahwa mereka ingin hidup bahagia, atau ingin membahagiakan orangtuanya.
Saudara yang dikasihi Tuhan Yesus, marilah kita kembali kepada pokok pikiran dalam Alkitab, yaitu hikmat Allah sendiri, bagaimana rahasianya agar kita mempunyai kehidupan yang tenteram.  Definisi kata tenteram adalah keadaan aman, damai dan tenang oleh sebab  perlindungan dan keadaan ekonomi yang baik. Ini adalah definisi akal logika manusia duniawi, sehingga untuk mencapai ketenteraman berarti harus memiliki kekayaan yang banyak dan pengawalan serta kondisi perdamaian di dalam masyarakat.  Bila satu atau dua hal tidak terpenuhi, maka tenteram itu tidak tercapai.   Hal ini berbeda dengan definisi tenteram menurut Alkitab.
Alkitab berbicara tentang tenteram itu soal keadaan hati yang tidak terpengaruh dengan keadaan.  Apakah hatimu damai, aman dan tenang itu soal hubungan kita dengan Tuhan. Maka dari itu, kembali lagi, kita pahami apa yang dikatakan raja Salomo tadi.  Ketenteraman itu ada pada orang-orang yang takut akan Tuhan.  Sehingga apapun situasi yang terjadi, kita tetap akan merasakan aman, tenang dan damai karena ketenteraman itu berasal dari Allah.
Tuhan Yesus memberkati!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *