Susah Tidur? Berdoalah!

Nats Alkitab:
Jikalau engkau berbaring, engkau tidak akan terkejut, tetapi engkau akan berbaring dan tidur nyenyak. (Amsal 3:24)
Penduduk Amerika menghabiskan kurang lebih 500 juta dollar agar bisa tidur, namun hanya sedikit yang berhasil.  National Institute of Mental Health mengatakan bahwa jutaan pon obat tidur diminum setiap tahunnya dan ada lebih dari dua ratus jenis obat tidur yang tersedia di pasaran.  Masih banyak orang, baik pasien maupun dokter, yang tidak menyadari bahayanya efek obat tidur terhadap seseorang, tubuh dan jiwanya.
Seorang dokter di Stanford University melakukan penelitian terhadap berbagai macam kasus insomnia dan mengatakan bahwa “sedikitnya ada 100 alasan mengapa seseorang tidak bisa tidur, menanyakan penyebab insomnia adalah seperti menanyakan tentang penyebab sakit kepala.  Penyebabnya bisa macam-macam.”
Umumnya para dokter berpendapat bahwa insomnia lebih berkaitan dengan apa yang ada dalam pikiran.  Jadi, mengetahui akar penyebabnya merupakan suatu persoalan yang cukup sulit.
Nats Alkitab diatas berbicara tentang bagaimana tidurnya orang yang bersandar kepada Tuhan.  Setiap kita dapat mengalami tidur nyenyak tanpa kesulitan apabila kita bersandar kepada Tuhan senantiasa.  Persoalan hidup, kesibukan pekerjaan, stress dalam berbagai masalah, bisa menyebabkan gangguan tidur, akan tetapi bila semuanya itu kita bawa kepada Tuhan, maka kita dapat mengalami kelegaan sehingga dapat tidur dengan nyenyak.
Biasanya, seorang yang terkena insomnia disuruh untuk memejamkan mata dan membayangkan ada domba-domba serta menghitung jumlah domba tersebut.  Tapi, daripada saudara menghitung domba, yang terbaik adalah berbicara dengan Tuhan di dalam doa.
Yesus Kristus adalah sumber kelegaan yang sejati.  Ia memberi damai, sukacita dan ketenangan dalam hati kita. Bila saudara mengalami kesulitan untuk tidur malam hari, berdoalah dan berbicaralah kepada Tuhan.  Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sandarkanlah semuanya kepada Tuhan.  Maka damai sorgawi akan memenuhi hati dan pikiran saudara sehingga kuasa-Nya bekerja dan memberikan saudara istirahat yang terbaik, tidur yang nyenyak dalam ketenangan oleh kasih dan kuasa Tuhan.
Obat tidur adalah berdoa dan berserah!

One thought on “Susah Tidur? Berdoalah!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *