Merokok, Miras, dan Narkoba

Dimanakah ayat yang menyebutkan tentang larangan merokok, minum minuman keras, dan pemakaian narkotika serta obat-obatan?
Sebelum jawaban atas pertanyaan ini diberikan, perlu kita sadari bahwa orang-orang yang hidupnya berjalan dalam kedagingan seringkali mencari alasan pembenaran agar tetap dapat hidup dalam kedagingan.  Orang yang hidup dengan hati nuraninya yang bersih akan berkata: “apa manfaatnya dari merokok, minuman keras dan narkoba?”, sedangkan orang  yang hidup dengan mengabaikan hati nuraninya akan berkata: “apa salahnya merokok, minuman keras dan narkoba?”
Ayat Alkitab tentang Minuman Keras:
akibatmiras1. Larangan untuk membuat minuman keras dan meminumnya
Yesaya 5:22 “Celakalah mereka yang menjadi jago minum dan juara dalam mencampur minuman keras.”
Ayat ini secara jelas menyebutkan tentang dua orang yang berkaitan dengan minuman keras, yang satu jago minum atau tukang mabuk dan yang kedua jago mencampur atau membuat minuman keras.
Yang dimaksud dengan minuman keras adalah minuman yang difermentasi dan oleh karenanya mengandung kadar alkohol di dalamnya yang cukup tinggi, sehingga dapat memabukkan. Intinya adalah segala minuman yang memabukkan.
Ayat ini telah banyak kali terbukti dengan banyaknya korban dari minuman keras apalagi yang dicampur-campur.  Di berbagai kota di Indonesia, banyak anak-anak muda yang meninggal dunia akibat meminum minuman keras yang dicampur dengan berbagai macam cairan lainnya. Minuman keras atau beralkohol memiliki dampat yang buruk bagi kesehatan,  merusak otak dan menghilangkan kesadaran.
1 Korintus 6:10 menyebutkan bahwa pemabuk tidak akan mendapat bagian dalam kerajaan Allah.  Mengapa? sebab seorang pemabuk hidupnya dipimpin oleh kedagingannya bukan oleh Roh, sedangkan Tuhan Yesus jelas berkata bahwa seorang tidak akan masuk kerajaan Allah bila tidak dilahirkan oleh air dan roh yang mengandung arti bahwa hanya orang-orang yang hidupnya dipimpin oleh roh yang akan masuk kerajaan Allah.  Orang yang dilahirkan dari Roh adalah orang-orang yang menerima dan percaya kepada Yesus Kristus, sang Firman yang telah menjadi manusia, dan hidup dipimpin Roh Kudus. (Yohanes 1:12)
Akibat dari minum-minuman keras tercatat dalam Amsal 23: 29-35
Siapa mengaduh? Siapa mengeluh? Siapa bertengkar? Siapa berkeluh kesah? Siapa mendapat cidera tanpa sebab? Siapa merah matanya? Yakni mereka yang duduk dengan anggur sampai jauh malam, mereka yang datang mengecap anggur campuran.
Jangan melihat kepada anggur, kalau merah menarik warnanya, dan mengilau dalam cawan, yang mengalir masuk dengan nikmat, tetapi kemudian memagut seperti ular, dan menyemburkan bisa seperti beludak.
Lalu matamu akan melihat hal-hal yang aneh, dan hatimu mengucapkan kata-kata yang kacau.
Engkau seperti orang di tengah ombak laut, seperti orang di atas tiang kapal.
Engkau akan berkata: “Orang memukul aku, tetapi aku tidak merasa sakit. Orang memalu aku, tetapi tidak kurasa. Bilakah aku siuman? Aku akan mencari anggur lagi.”
Efesus 5:18  berkata: “Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh”.  Apapun jenis minuman kerasnya apakah dari anggur, atau bahan lainnya dilarang Tuhan.
narkoba22. Larangan Untuk Pemakaian Narkoba
Pemakaian obat-obatan tertentu dibolehkan dalam kedokteran untuk menghilangkan rasa sakit tertentu pada pasien penderita penyakit yang tidak tertahankan namun dalam dosis yang diawasi dan dikendalikan oleh dokter dan sementara. Pemakaian narkoba yang secara sembarangan tidak dibolehkan dan sangat dilarang karena dapat mematikan.  Efek dari narkoba jelas salah satunya adalah memabukkan.  Ayat yang spesifik menyebutkan tentang narkoba dalam Alkitab memang tidak ada, namun walaupun tidak tertulis, Alkitab mencatat frasa “mabuk yang bukan karena anggur dan mabuk yang bukan karena arak” (Yesaya 29:9), selain itu banyak ayat Alkitab yang menyebutkan tentang larangan untuk mabuk, dan relevansinya pada hari ini berlaku untuk narkoba dan segala obat-obatan yang menghilangkan kesadaran.
1 Korintus 6:10 kembali teraplikasi bagi para pemakai narkoba karena sama halnya dengan pemabuk, maka tidak akan mendapat bagian dalam kerajaan Allah. Perhatikan firman Tuhan!
akibatrokok3. Larangan Merokok
Merokok secara spesifik tidak disebutkan juga dalam Alkitab, namun hati nurani kita yang dipimpin Roh Kudus akan menolak sikap dan tabiat merokok karena merokok itu sangat tidak baik dan juga menyebabkan keterikatan dan sulit untuk dilepaskan.
1 Korintus 6:19 berkata: “Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, — dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?”
Ibrani 10:22 berkata: “Karena itu marilah kita menghadap Allah dengan hati yang tulus ikhlas dan keyakinan iman yang teguh, oleh karena hati kita telah dibersihkan dari hati nurani yang jahat dan tubuh kita telah dibasuh dengan air yang murni.”
Pentingnya memakai hati nurani yang murni dalam menentukan apakah merokok itu salah atau tidak.
Dimana ayatnya? sekali lagi kalau mau mencari ayat Alkitab dengan jelas ada kata dilarang merokok memang tidak ada, tapi hati nurani kita yang murni akan berkata bahwa merokok itu tidak baik dan harus kita hindari.  Kalau masih ingin mencari ayatnya silahkan pergi ke spbu atau pompa bensin, disana ada “ayat” tertulis: DILARANG MEROKOK!”, dan di kotak rokok ada “ayat”: “Merokok Membunuhmu.”
Bila ada orang yang mengatakan kepada anda mengenai efek negatif dari makan mie instan secara terus menerus, maka anda mau mendengarkan dan mulai mengurangi makan mie instan bahkan tidak makan sama sekali, karena efek buruk terhadap organ-organ pencernaan.  Terhadap hal itu saudara mempercayai dan mentaati, namun bila doktermu berkata bahwa merokok itu bisa menyebabkan kanker paru-paru, penyakit jantung, gangguan janin, dan berbagai macam penyakit parah lainnya, anda hanya berkata, “ah itu gak akan terjadi pada saya”, lalu anda merokok terus dan terus, bahkan tidak menguranginya sama sekali, dan dengan bangga berkata, “saya lebih sehat daripada orang lain yang tidak merokok.”  Maka hal ini menjelaskan bahwa hati nurani saudara telah menjadi tumpul.
Bila saudara sedang membakar sampah dan asapnya menyebar kemana-mana lalu didekat saudara ada anak kecil, dia adalah anak anda dan disitu juga ada istri anda, dan di dalam rumah ada orangtua saudara, lalu saudara cepat-cepat berkata kepada anakmu, “Nak, ayo cepat masuk ke dalam rumah karena asapnya mengganggu kesehatan”, juga istrimu engkau cepat-cepat suruh masuk rumah, dan engkau menutup pintu-pintu dan jendela-jendela agar asap dari pembakaran sampah tidak masuk ke dalam rumah dan tidak mengganggu pernafasan dan kesehatan keluargamu, dan terhadap dirimu sendiri engkau berusaha untuk tidak menghirup asap itu dengan memakai penutup atau masker, atas hal yang demikian saudara patut diacungi jempol. Namun, sangat mengherankan apabila saudara dengan sangat santainya merokok di dalam rumah dimana anak-anak dan istri serta orangtuamu ada di dalamnya, dan engkau menganggap asap rokokmu tidak akan membahayakan mereka, padahal asap rokok sangat berbahaya bagi orang lain disekitar saudara dan bagi saudara juga.
Jangan hidup dalam kedagingan tapi hiduplah dipimpin oleh Roh Kudus, agar kehidupan kita berkenan dan layak di hadapan Tuhan.
Masih ada kesempatan dan harapan untuk terbebas dari ikatan rokok, miras dan narkoba. Yang pertama adalah tindakan pertobatan, mengakui keberadaan saudara yang penuh dosa dan menyadari bahwa saudara butuh pertolongan Tuhan.  Mintalah bantuan doa dan dukungan dari hamba Tuhan dan saudara-saudara seiman agar saudara terlepas.  Jangan malu, rasa malu menghalangi anda memperoleh kebebasan dari keterikatan ini.  Roh Kudus akan menolong dengan kuasa-Nya yang akan membebaskan dan membuat saudara hidup dalam kemenangan. Tidak ada yang mustahil, Tuhan Yesus sanggup menolong saudara. Haleluya.
 
 

3 Replies to “Merokok, Miras, dan Narkoba”

  1. kalimat terakhir soal 1. Larangan untuk membuat minuman keras dan meminumnya “Apapun jenis minuman kerasnya apakah dari anggur, atau bahan lainnya DILARANG Tuhan.” pertimbakan lagi….kenapa Yesus mengubah air menjadi anggur? kenapa perjamuan kudus minum anggur?
    Tidak ada larangan minum anggur tpi dilarang minum sampai mabuk…!
    jika demikian, maka saudara menyatakan Yesus berdosa sama seperti yang mereka katakan dalam lukas 7:34

Leave a Reply