ISRAEL SEBAGAI SUATU TANDA

Beberapa hari terakhir, kita mendengar berita saling serang antara Hamas dan Israel di Gaza, Palestina.  Peristiwa ini terus terjadi berulangkali, dan membuat dunia merespon dengan bermacam-macam cara.

Di zaman Perjanjian Lama, disebutkan bahwa bangsa Israel seringkali bentrok dengan penduduk Filistin (Palestina) di Gaza.  Begitu juga dengan Simson, dia sering konflik dan berperang dengan penduduk Gaza (baca: Hakim-Hakim 16).

Bagaimana sikap kita terhadap peristiwa ini?  Sebagai orang yang mengerti Alkitab, kita harus berhati-hati.  Kita tidak boleh mengutuki bangsa Israel karena itu bertentangan dengan kehendak Allah.  Sebab ada tertulis: ” Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat.” (Kej. 12:3).  Mereka adalah bangsa pilihan Allah. Namun, kita juga perlu terus berdoa untuk mereka yang di Timur Tengah agar lawatan Tuhan terjadi dan pertobatan besar melanda negara-negara ini, karena Tuhan mengasihi setiap bangsa, termasuk Palestina. Sebab ada tertulis: orang akan datang dari Timur dan Barat, dan dari Utara dan Selatan, dan mereka akan duduk makan di dalam kerajaan Allah. Ini menandakan bahwa akan terjadi pertobatan besar di seluruh dunia, kepada Tuhan Yesus mereka percaya.

Israel akan selalu menjadi tanda bagi kita yang hidup di dunia ini.  Tanda apakah yang kita bisa lihat dari Israel?

  1. Tanda Kesetiaan Allah Terhadap Janji-Nya

Allah tidak pernah mengingkari janji-Nya sendiri.  Dia telah menetapkan Israel sebagai bangsa pilihan dan itu tetap berlaku sampai hari ini dan seterusnya.  Janji-Nya tidak pernah berubah, tidak seperti manusia, kalau berjanji, janjinya bisa diingkari kalau melihat pihak lain tidak layak.   Tetapi Tuhan tidak demikian, meskipun Israel memberontak, keras kepala, dan bahkan membunuh Yesus Kristus, sang Mesias, Allah tetap mengasihi dan tidak mengingkari janji-Nya.

  1. Tanda Bahwa Allah Dapat Memakai Bangsa Yang Kecil

Bangsa Israel termasuk bangsa dengan populasi sedikit dibandingkan dengan bangsa lain.  Namun, mereka dipakai Allah untuk mempermalukan yang besar dan kuat.  Seperti Daud yang mengalahkan Goliat, Israel, meskipun dikepung oleh berbagai bangsa, tetap jadi yang perkasa, oleh karena Tuhan. Bukan karena kekuatan dan keperkasaan, melainkan oleh Roh-Ku, kata Tuhan.

  1. Tanda akhir zaman

Perang dahsyat di Timur Tengah, antara Israel dan negara-negara lain, akan terjadi suatu hari kelak.  Sekarang barulah permulaannya, tetapi nanti perang akan lebih dahsyat lagi.   Lewat gejolak di Israel daan negara sekitarnya, kita dapat mengetahui tanda-tanda akhir zaman dan dengan demikian mengingatkan kita untuk berjaga-jaga melalui kehidupan yang baik dan berkenan kepada Allah.

Berdoalah untuk Israel, supaya lebih banyak lagi yang datang dan percaya Yesus Kristus Tuhan, dan berdoa juga untuk Hamas, penduduk Gaza dan Palestina,  kiranya Tuhan menolong, menerangi hati mereka dan ada kebangunan rohani besar disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *