Kota Tua dan Orang Tua

Di berbagai negara, ada bagian dari kota yang disebut sebagai kota tua atau Old Town.  Umumnya, Kota Tua ramai dikunjungi orang dan menjadi daya tarik wisata yang menghasilkan uang bagi pemerintah, pengusaha dan masyarakat sekitarnya.  Kota Tua bagaikan magnet yang menarik orang untuk datang mengunjungi.  Di Jakarta ada Kota Tua, di Praha juga ada Old Town, dua-duanya ramai dengan wisatawan yang tersenyum senang saat berada disana.

Tapi lain Kota Tua, lain pula Orang Tua. Yang sebaliknya justru terjadi pada orang tua yang sudah lanjut umurnya. Mereka sudah tidak menarik lagi dan seolah diabaikan.  Jarang ada yang senang mengunjungi orang tua karena mereka sudah tua dan lemah serta tidak menarik lagi. Bahkan, orang tua banyak yang dititipkan di panti jompo.

Alkitab mengajar kita untuk menghormati, memperhatikan dan memelihara orang tua. Jangan kita biarkan orang tua sendirian dan terabaikan.

1 Timotius 5:4 b
“…hendaknya mereka itu pertama-tama belajar berbakti kepada kaum keluarganya sendiri dan membalas budi orang tua dan nenek mereka, karena itulah yang berkenan kepada Allah.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *