Siapakah Ketujuh Jemaat Dalam Kitab Wahyu?

Wahyu pasal 1:4 menyebutkan tentang tujuh jemaat di Asia Kecil yang lokasinya sekarang ada di sekitar Turki bagian barat. Lalu, apakah kitab wahyu ditujukan hanya kepada mereka? Bila membaca kitab wahyu yang banyak memakai istilah yang tidak umum, karena bersifat eskatologis, maka dapat dimengerti bahwa tujuh jemaat yang dimaksud mewakili keseluruhan jemaat yang ada sampai hari ini. Inti dari teguran dan pujian kepada ketujuh jemaat tersebut adalah untuk memperbaiki dan menjaga kehidupan jemaat yang ada di setiap jaman. Setiap peringatan ditujukan untuk segenap jemaat di sepanjang jaman.
Maka, penting bagi setiap kita untuk membaca kitab Wahyu dan mempelajarinya serta mengoreksi diri kita pribadi. Apakah ada hal-hal yang harus kita perbaiki, apakah posisi kita saat ini sudah benar, apakah ciri-ciri jemaat yang disebut dalam kitab Wahyu itu ada pada kita?
Kitab Wahyu mengingatkan dan memastikan akan kedatangan Yesus Kristus yang kedua kali ke bumi ini untuk menyatakan kemenangan-Nya dengan mendirikan Kerajaan Allah di bumi. Persiapan jemaat sangat penting untuk menyambut kedatangan Kristus, sehingga wahyu ini diberikan untuk kita mempersiapkan diri agar menjadi sempurna menyambut kedatangan Kristus.
Tujuh Roh dalam kitab ini menggambarkan kesempurnaan pelayanan Roh Kudus kepada jemaat di sepanjang jaman hingga kedatangan Kristus.
Jadi, kita tidak dapat mengelakkan setiap peringatan dan teguran yang dialamatkan kepada ketujuh jemaat dalam kitab ini, karena menganggap bahwa peringatan tersebut tidak ditujukan kepada kita.
Marilah kita mempersiapkan diri dan menyerahkan diri pada tuntunan Roh Kudus yang akan meneguhkan dan menguatkan kita dalam kehidupan iman di bumi ini.

One Reply to “Siapakah Ketujuh Jemaat Dalam Kitab Wahyu?”

Leave a Reply