Ancaman Bom di Regio Jet

Dalam perjalanan menuju ke Praha, saya menggunakan kereta Regio Jet dari sebuah kota kecil bernama Navsi, di Czech Republic. Saya membawa satu tas kecil, tas punggung, koper dan sebuah gitar. Di dalam kereta, saya duduk bersama dengan 5 orang lain dalam satu kompartemen.  Kopi gratis disediakan dan juga air mineral dalam sebuah kemasan botol.

Perjalanan melewati berbagai daerah dengan pemandangan yang bagus. Namun, tak ada pepohonan hijau, semua daun gugur, dan yang nampak hanya pohon dengan cabang ranting yang kering tanpa satupun daun menempel, kecuali pohon cemara tentunya.  Padang rumput masih nampak hijau, di kiri dan kanan. Sebagian sungai nampak membeku di musim dingin ini.

Kereta telah melewati beberapa stasiun dan kota-kota kecil, 3 jam sudah terlewati. Selama perjalanan, penumpang yang lain memesan makanan.  Saya hanya melihat-lihat menu dan memilih untuk minum kopi susu.  Tibalah kereta di sebuah kota bernama Ceska Trebova, dan keretapun berhenti.  Ada suara pengumuman yang terdengar namun tak dapat saya mengerti karena dalam bahasa Ceko. Pramugara kereta kemudian menghampiri dan mengatakan dalam bahasa Inggris bahwa semua penumpang diharuskan keluar kereta karena ada ancaman bom.  “Apa? Ancaman bom?”, begitu gumam saya dalam hati.

Seluruh penumpang pun keluar kereta, dan saya harus kembali membawa barang yang lumayan banyak itu.  Tak ada kepastian kapan kereta akan berangkat lagi, karena akan diperiksa oleh pihak kepolisian.

Siapa gerangan yang menebarkan ancaman bom itu? Ataukah ada penumpang yang menelpon pihak keamanan karena takut ada bom?  Saya tidak tahu apa yang terjadi. Di saat menunggu itu, saya memberi kabar kepada istri mengenai kondisi tersebut. Dan atas saran istri, kemudian mengganti kereta ke Prague.  Hampir 3 jam menanti dan akhirnya berangkat, ternyata bom itu tidak ada sama sekali.

Sebuah pelajaran yang ingin saya bagikan kepada saudara ialah, betapa seriusnya sebuah ancaman bom bagi pihak kereta api dan sebagian besar penumpang.  Mereka peduli pada keselamatannya dan menganggap sangat serius terhadap sebuah kabar ancaman bom.  Mari perhatikan bahwa sebuah kabar yang berkaitan dengan keselamatan nyawa, dipandang penting dan serius dan orang akan mengecek kebenarannya.

Tapi sayangnya, untuk sebuah kabar keselamatan kekal, banyak orang yang tidak serius menanggapinya dan hanya menganggapnya sebagai angin lalu.  Ya, kabar keselamatan yang tersedia bagi semua orang, yang didalamnya juga terkandung suatu ancaman kematian kekal, tapi tidak ditanggapi serius oleh kebanyakan orang.  Dan banyak orang yang tidak mau mengecek kebenarannya, padahal bila mau, maka kebenaran itu akan ditemukan.

Kabar yang seharusnya ditanggapi serius oleh semua orang adalah ini:
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. (Yohanes 3:16)

Jangan pandang enteng kabar ini, karena ini akan menentukan kebinasaan atau keselamatan hidup saudara. Responilah berita keselamatan ini dengan benar, yaitu dengan mempercayai Dia yang telah berfirman, dan mempercayai Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatmu, maka engkau akan selamat sampai kekal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *