Ujian Malas Dan Ngantuk

“Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.” (Lukas 16:10)

Jenderal Douglas MacArthur berkata: “Tidak pernah semalam pun berlalu tanpa saya membaca Alkitab dan berdoa, meskipun badan saya terasa lelah.”  Woodrow Wilson, presiden Amerika Serikat ke-28 berkata: “Saya meminta kepada semua pria dan wanita yang ada agar mulai hari ini menyadari bahwa nasib bangsa Amerika terletak pada pembacaan dan perenungan Alkitab yang saudara lakukan setiap hari.”

Banyak orang kalah ketika menghadapi ujian hidup yang besar karena sudah terbiasa kalah dalam menghadapi ujian yang kecil.  Padahal nats diatas menyebutkan pentingnya kita setia kepada perkara-kecil.  Bagaimana kita dapat menang atas persoalan dan ujian bila kita sudah gagal terus menerus mengatasi hal-hal kecil, seperti berdoa dan membaca Alkitab.

Berdoa dan membaca Alkitab di jaman modern ini nampaknya telah berubah menjadi ujian terbesar bagi setiap orang Kristen, sebab kedua perkara ini dihalangi oleh kemalasan dan rasa kantuk.  Kita diharuskan oleh Tuhan untuk berdoa serta membaca dan merenungkan firman-Nya.  “Kejatuhan” dan kegagalan seseorang diawali dari kegagalan untuk berdoa dan membaca Alkitab.

Bila kita mau menang atas ujian iman, maka kita harus menang terlebih dulu atas rasa malas dan rasa ngantuk ketika hendak berdoa dan membaca Alkitab.    Lakukanlah kedua hal ini terlebih dahulu agar kita dapat mengalami kemenangan atas berbagai ujian iman.

Kalahkanlah kemalasan dan rasa ngantuk, berdoalah dan bacalah Alkitab, supaya kita kuat dan kokoh mengatasi berbagai tantangan.
(RHNK-Billy Tambahani/BT)

Doa:  Terima kasih Tuhan untuk kebenaran firman-Mu pada hari ini.  Saya mengerti bahwa saya harus membiasakan diri untuk setia berdoa dan merenungkan Alkitab agar ketika ujian kehidupan datang melanda, saya tetap dapat berpegang kepada perintah-Mu.  Jamahlah saya ya Tuhan dan ubahkan hidupku menjadi pribadi yang rajin berdoa dan membaca Alkitab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *