Bertobat Karena Teladan

“… Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.” (1 Timotius 4:12b)

Menjadi mahasiswa baru di sebuah universitas rasanya begitu berbeda.  Masa-masa ini merupakan masa dimana pencarian jati diri masih berlangsung dan mudah sekali bagi seorang anak muda untuk terjerumus ke dalam pergaulan dan kehidupan yang salah.  Perasaan bebas dan tidak dikekang oleh orangtua umumnya dialami anak-anak muda pada saat masuk kampus.  Pilihan dan keputusan dapat dilakukan sesuai kehendak sendiri, dan disinilah dapat terlihat apakah seseorang benar-benar mengikuti Tuhan atau hawa nafsu orang muda.

Henry Drummond adalah seorang mahasiswa di Universitas Edinburgh yang mengabdikan dirinya bagi Tuhan Yesus.  Ia rajin menyampaikan kabar Injil kepada teman-temannya di kampus. Seringkali teman-temannya menghabiskan waktu dalam pesta-pesta minuman keras dan seks bebas, namun Henry Drummond tidak mengikuti kebiasaan mereka melainkan berdoa dan terus mengabarkan kabar keselamatan.

Suatu hari, ada seorang teman laki-laki yang memohon untuk dapat tinggal di kamar Henry karena ia sedang mengalami masalah keuangan.  Henry mengijinkan temannya itu untuk tinggal  di kamarnya.  Dan selama enam bulan, nampak ketidakcocokan karakter antara Henry dan temannya.  Kebiasaan yang berbeda,  mabuk-mabukan, sikap kasar, tingkah laku yang tidak baik dari temannya kelihatan dalam keseharian.  Tapi Henry dengan tulus dan kasih menerima dia dan melakukan apa yang disampaikan dalam Alkitab tentang pelayanan kasih.   Ia tidak mengusir temannya tetapi terus bersedia untuk menampungnya sambil menasihati dengan kasih Kristus.

Pada akhirnya, temannya itu menerima anugerah Allah.  Ia percaya kepada Tuhan Yesus.  Satu hal yang membuatnya dapat dimenangkan adalah karena ia melihat kasih dan teladan yang baik dari Henry Drummond.  Henry telah menjadi saksi Kristus melalui kehidupannya.  Temannya  kemudian menjadi seorang penginjil di Afrika.

Nats Alkitab di atas merupakan pesan Paulus kepada Timotius, agar sebagai orang muda dapat memberikan teladan yang baik bagi orang-orang di sekitarnya.  Sebab orang-orang lebih banyak memperhatikan cara hidup dan teladan dari seorang pelayan Tuhan daripada mendengarkan perkataannya.   Apakah perkataan selaras dengan perbuatan? Marilah jadi saksi Kristus yang baik. (RHNK-BT)

Doa:
Terima kasih Tuhan untuk firman-Mu hari ini yang mengajar untuk menjadikan hidup ini sebagai teladan bagi orang-orang lain.  Pimpinlah setiap langkah-langkah kami, agar apa yang kami katakan dan lakukan, sesuai dengan kehendak-Mu dan menjadi mata air yang sejuk bagi orang-orang di sekitar kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *