Dunia Telah Disalibkan Bagiku

Tetapi aku sekali-kali tidak mau bermegah, selain dalam salib Tuhan kita Yesus Kristus, sebab olehnya dunia telah disalibkan bagiku dan aku bagi dunia. (Galatia 6:14)

Dunia telah disalibkan bagiku, menunjukkan sebuah arti bahwa kita tidak hidup lagi di dalam cara-cara dan hawa nafsu duniawi.  Sebab, dunia telah disalibkan bagi kita dan kita telah disalibkan bagi dunia.
Kita tidak lagi hidup di dalam pola pikir dan kuasa-kuasa duniawi, karena kita telah menjadi milik Kristus.

Dunia telah disalibkan bagiku, pun bermakna bahwa kita tidak lagi mau bermegah dengan cara-cara duniawi.  Segala perkara lahiriah, aneka macam penampakan luar yang menakjubkan, harta duniawi, perbuatan-perbuatan baik yang kelihatannya rohani tapi sesungguhnya duniawi yaitu segala tuntutan dan aturan agama yang lahiriah, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan keduniawian, tidak lagi menjadi suatu kebanggaan dan dasar untuk bermegah.

Satu-satunya alasan bagi kita untuk bermegah adalah Yesus Kristus, yang telah tersalib bagi kita.  Salib Kristus lah kekayaan dan kemegahan kita.

Adakah yang sedang menggantikan kemegahan di dalam Kristus saat-saat ini di dalam hidup kita?  Apakah itu seorang pengkhotbah, gembala, atau seorang yang sangat terkenal yang kita hormati, yang atasnya kita bermegah?  Apakah gereja, denominasi, persekutuan yang saat ini kita ikuti dan kita banggakan sebagai yang nomor satu?

Adakah Kristus telah tergeser dari kebanggaan kita dan tergantikan dengan yang lain?  Masihkah pencarian kita akan Kristus benar-benar terfokus kepada Kristus?  Masihkah penyembahan kita kepada Kristus benar-benar tertuju kepada Kristus? Masihkah motivasi kita benar-benar Kristus?

Apa kebanggaan kita saat ini?
Aku sekali-kali tidak mau bermegah, selain dalam salib Tuhan kita Yesus Kristus, sebab olehnya dunia telah disalibkan bagiku dan aku bagi dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *