Tidak Tampan Dan Tidak Rupawan

crossIa tidak tampan dan semaraknyapun tidak ada sehingga kita memandang dia,
dan rupapun tidak, sehingga kita menginginkannya.
(Yesaya 53:2b)

Nabi Yesaya menubuatkan tentang Kristus yang akan datang, bagaimana ia dalam penampilan fisik dan lebih khusus keadaan penderitaan yang harus dialami oleh Mesias.
Disebutkan demikian bahwa Mesias akan tampil dalam rupa yang tidak diinginkan dan diminati manusia.  Manusia memandang kepada harta dan kemuliaan duniawi.
Para bangsawan dan raja, pengusaha dan orang terkemuka yang kaya, itulah yang dipandang manusia pada umumnya.  Namun, dalam keadaan yang sebaliknya, Yesus Kristus datang ke dunia, dalam rupa seorang hamba.

Semaraknya tidak ada, secara fisik ia tidak dipandang orang, dan tidak diinginkan manusia, namun mari perhatikan apa yang menjadi kunci perkenanan yang ingin Tuhan ajarkan kepada kita, ialah kemuliaan jiwa dan batin kita.

Tuhan memperhatikan apa yang di dalam, yaitu kepribadian, kesalehan, kesetiaan dan ketaatan kita kepada-Nya.  Dan Dia sendiri memberikan teladan yang demikian, bahwa keutamaan dari pribadi seseorang bukanlah terletak pada hal lahiriah namun pada yang batiniah.

Bukan soal kedudukan, harta, harga diri, kekayaan, kecantikan atau kehebatan fisik, namun soal hati. Bagaimanakah hati kita di hadapan Tuhan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *