Mengatasi Kesepian

Di tengah kepadatan penduduk, tidak ada jaminan bahwa seseorang tidak akan mengalami kesepian.  Justru di jaman yang serba canggih sekarang ini, dengan pesatnya teknologi informasi dan media sosial, banyak orang yang mengeluhkan bahwa dirinya kesepian.

Di berbagai belahan dunia manapun perasaan ini menyerang banyak orang. Korea Selatan merupakan kota yang memiliki akses internet cepat, tapi banyak orang yang merasa kesepian di rumahnya.

Perasaan kesepian merupakan sesuatu yang tidak baik bagi jiwa dan bagi diri seseorang.  Sebenarnya perasaan ini dapat diatasi dengan beberapa hal berikut ini:
1. Menyadari bahwa Tuhan ada bersama dengan kita.
Tuhan berjanji bahwa Ia sekali-kali tidak akan meninggalkan dan tidak akan membiarkan kita. Bahkan nama-Nya disebut Immanuel yang berarti Allah beserta kita.  Kesadaran akan kehadiran Allah akan membuat kita tidak merasakan kesepian. Dia berjalan bersama kita, dan hadir dimanapun kita berada.

2. Bergabunglah dengan suatu komunitas yang baik dan membangun.

3. Jadilah sahabat bagi orang lain. Ada banyak cara untuk menjadi sahabat bagi sesama yaitu dengan cara mendengarkan mereka, membesuk atau mengunjungi mereka yang menderita, mendoakan orang lain yang sedang sakit atau membutuhkan kekuatan doa, dan berbagai tindakan lainnya.

Saudara yang dikasihi Tuhan Yesus, dimanapun saudara saat ini berada, Tuhan pun ada disitu. Matanya tertuju kepada kita dan Ia menjaga serta melindungi bahkan menghibur kita. Hadirat-Nya sungguh nyata sehingga kita tidak sendirian. Amin.

Matius 28:20b
“Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *