Faktor Penyebab Kejahatan

Dari kegiatan pelayanan di lembaga pemasyarakatan dapat disimpulkan bahwa ada beberapa faktor penyebab seseorang melakukan kejahatan.  Apapun jenis kejahatannya, ada faktor-faktor utama yang mendorongnya melakukan itu.

Beberapa faktor utama yang menjadi penyebab adalah:

1. Tidak adanya figur orangtua yang bertanggung jawab dalam mendidik dan memberikan teladan yang baik.
Baik ayah maupun ibu, memegang peranan penting dalam perkembangan mental dan spiritual anaknya.  Generasi mendatang ditentukan oleh bagaimana teladan dan didikan orangtua kepada anak-anaknya.  Orangtua harus mendidik anak-anak dalam Firman Tuhan dan mengasihi mereka dengan tulus. Amsal 22:6 berkata: “Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.” Dan Amsal 29:17 tertulis: “Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketenteraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu.”

2. Pergaulan yang salah
Memilih teman adalah sesuatu yang penting.  Tidak semua orang dapat dijadikan teman yang baik.  Anak-anak harus belajar untuk memilih siapa teman yang baik dan mana yang tidak baik.  Salah satu napi yang kami layani, mengalami kesulitan mengambil keputusan untuk bertobat karena terikat dengan teman-teman di geng motornya. Hal ini sesungguhnya tidak perlu terjadi kalau ia menyadari bahwa hidupnya tidaklah tergantung dari teman-temannya itu. 1 Korintus 15:33 berkata: “Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.”

3. Malas melakukan kegiatan kerohanian.
Hampir semua napi yang ada mengatakan bahwa sebelum masuk penjara, kehidupan mereka diluar, tidak pernah atau jarang sekali pergi ke gereja, malas berdoa, dan malas membaca Alkitab.  Setelah di dalam penjara barulah mereka menjadi rajin ibadah dan membaca Alkitab serta berdoa.  Penting sekali untuk beribadah kepada Tuhan melalui kegiatan dan aktivitas kerohanian seperti pergi ke gereja, persekutuan dan acara ibadah lainnya. 1 Timotius 4:7-8 berkata demikian: “Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah. Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.”

Tiga hal ini menjadi faktor utama penyebab seseorang menjadi pribadi yang hidup dalam dosa, hawa nafsu dan kejahatan. Bagi para orangtua, perhatikanlah hal ini: Didiklah anak-anak dalam kasih dan Firman Tuhan.

Mari dekatkan diri kepada Tuhan supaya terhindar dari kerugian dan kemalangan. Hanya dekat pada Tuhan kita akan mendapatkan ketenangan, damai, sukacita dan berkat. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *