Phaneroo

Shalom saudara yang dikasihi Tuhan,
Salah satu ciri seorang anak Tuhan adalah kehidupannya jujur dan terbuka di hadapan-Nya.  Tidak ada hal-hal yang disembunyikan dan tidak ada kemunafikan.  Kita akan rugi pada hari akhir apabila hidup dalam kemunafikan.  Berpura-pura baik dan kudus tapi ternyata hidup dalam dosa.  Ini adalah suatu sifat dan sikap yang tidak boleh ada dalam hidup kita.

Dalam surat 2 Korintus 5:10 tertulis demikian: “Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.”   Ayat ini menunjukkan bahwa ada pengadilan Kristus yang akan kita hadapi sebagai orang-orang percaya kepada Kristus, di hari akhir.  Kita tidak dapat luput dari pengadilan ini namun syukur kepada Tuhan karena pengadilan Kristus bertujuan untuk menentukan seberapa besar pahala dan kemuliaan yang kita terima dalam Kerajaan Sorga, bukan soal masuk atau tidak ke sorga, sebab oleh Kasih Karunia Tuhan, kita semua yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus, telah dibebaskan dari penghukuman dosa dan maut.

Di dalam ayat tersebut diatas ada kata “menghadap”, yang dalam bahasa aslinya, yaitu bahasa Yunani, tertulis dengan kata “Phaneroo” yang berarti “disingkapkan dengan terus terang dan di hadapan umum”.  Jadi, dalam pengadilan Kristus itu, kita semua tidak dapat menyembunyikan diri kita karena semuanya akan dibukakan oleh Tuhan.  Oleh karena itu, biarlah kehidupan kita sekarang ini adalah kehidupan yang sejujur-jujurnya dan apa adanya dari diri kita.  Kita harus menjadi jati diri yang selaras dengan kehendak Firman Tuhan.

Apa saja yang akan terbuka di hadapan pengadilan Kristus?  Perbuatan-perbuatan kita yang tersembunyi, watak dan sifat, perkataan, pikiran, motivasi dalam pelayanan, dan segala sesuatu tentang kehidupan kita.  Tidak ada satupun yang tidak akan dibukakan dan tidak ada satupun yang akan tersembunyi di hadapan Tuhan.

Karena itu saudara yang dikasihi Tuhan, marilah kita hidup dengan jujur, tulus dan benar di hadapan Allah dan sesama, supaya ketika kita menghadapi tahta pengadilan Kristus, didapati bahwa kita adalah orang-orang yang setia dan benar di hadapan-Nya.  Amin.

Berdoalah dan mintalah kepada Tuhan untuk memberikan saudara kekuatan dan tuntunan untuk hidup dalam kebenaran-Nya.  Dan buatlah komitmen untuk hidup benar serta jauhkanlah diri saudara dari segala kemunafikan.  Tuhan Yesus akan menolong saudara dengan kuasa dan penyertaan Roh Kudus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *