Apakah Sorga Ada Tiga Tingkat?

Dalam sebuah pertemuan komsel, ketika membahas tentang salah satu tema, salah satu ayat Alkitab yang dibaca adalah 2 Korintus 12:2 yang tertulis demikian:
“Aku tahu tentang seorang Kristen; empat belas tahun yang lampau – entah di dalam tubuh, aku tidak tahu, entah di luar tubuh, aku tidak tahu, Allah yang mengetahuinya – orang itu tiba-tiba diangkat ke tingkat yang ketiga dari sorga.”

Setelah pembacaan nats selesai, maka muncul pertanyaan tentang tingkatan sorga. Benarkah di sorga ada tiga tingkat? atau berapa tingkat sebenarnya jumlah tingkatan di sorga? Hal ini kemudian direncanakan untuk menjadi suatu pembahasan tersendiri.

Dalam ayat tersebut, terjemahan Bahasa Indonesia menyebutkan kata-kata “tingkat yang ketiga dari sorga.” Hal inilah yang menimbulkan tafsiran bahwa sorga ada tiga tingkat. Tapi sebenarnya arti yang dimaksudkan adalah seperti berikut:

Alkitab menunjukkan bahwa ada tiga tingkat langit.  Jadi, kata sorga itu sebenarnya dimaksudkan adalah langit tingkat ketiga.  Dalam tradisi Alkitab, ada tiga tingkat langit yaitu:
1) Tingkat yang pertama adalah atmosfer yang mengitari bumi.  Kitab Daniel 7:13 menyebutkan tentang langit dan awan-awan yang menunjuk kepada atmosfer bumi.
2) Tingkat yang kedua adalah tempat bintang-bintang berada. Dalam Kejadian 1:14-18 dapat kita baca tentang langit ini yang merupakan tempat keberadaan bintang-bintang.
3) Tingkat yang ketiga, disebut juga dengan kata Firdaus (Lukas 23:43; Wahyu 2:7) merupakan tempat kediaman Allah dan rumah semua orang percaya yang telah meninggal dunia.  Soal dimana lokasinya tidak disingkapkan oleh Tuhan.

Alkitab tidak berbicara soal tingkatan dalam sorga.  Di dalam kitab Wahyu 21:9-27  dijelaskan tentang Yerusalem yang baru tapi tidak dengan tingkatan-tingkatan melainkan dasarnya yang berlapis-lapis.

Dengan demikian sekarang kita mengerti bahwa maksud dari nats tersebut bukanlah bahwa ada tiga tingkat di sorga.  Ayat itu menunjukkan tiga tingkatan langit, dimana tingkat yang ketiga adalah sorga atau Firdaus.  Sedangkan di sorga sendiri tidak bertingkat-tingkat, akan tetapi setiap orang dibedakan dari upah mahkota yang diperolehnya berdasarkan perbuatannya di bumi.

Tuhan Yesus memberkati!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *