Potensi Kecil Dapat Dipakai Allah Untuk Perkara Besar

Nats Alkitab:
Di sini ada seorang anak, yang mempunyai lima roti jelai dan dua ikan; tetapi apakah artinya itu untuk orang sebanyak ini?”
(Yohanes 6:9 )

Dalam pemikiran manusia banyak perkara dibatasi dengan logika, akan tetapi tidak demikian dengan Allah.
Potensi yang kecil dapat dipakai Allah untuk mengerjakan perkara-perkara yang besar. Kemustahilan diubahkan menjadi suatu mujizat, sebab bagi Tuhan tak ada yang mustahil.

Ayat diatas berada dalam satu perikop yang berjudul “Yesus Memberi Makan Lima Ribu Orang”.  Dalam peristiwa itu, tidak ada para pelayan yang bekerja mengadon tepung untuk membuat roti. Biasanya dalam sebuah pesta, pihak catering service akan menjadi sangat sibuk dan membutuhkan banyak pembantu dalam menyiapkan makanan.  Berbeda dengan Tuhan Yesus, Ia tidak perlu orang untuk membantunya menyiapkan makanan untuk 5000 orang. Sebab Ia maha kuasa dan sanggup melakukan segala sesuatu.

Apa yang ada disitu saat itu hanyalah lima roti dan dua ekor ikan. Mari kita perhatikan disini bahwa banyak kali kita mengabaikan potensi-potensi kecil dalam hidup kita, bahkan banyak orang yang menganggap dirinya tidak bisa apa-apa. Memang mungkin kita begitu kecil dan tidak berdaya namun ingatlah bahwa bila Allah ada bersama kita maka kita diubahkan menjadi pribadi yang luarbiasa dan mampu melakukan segala perkara.

Apakah ada Tuhan Yesus dalam hidup saudara? Ataukah saudara sedang meninggalkan Yesus karena ragu. Mungkin saudara sedang bimbang karena berbagai situasi yang nampaknya sulit. Pandanglah Yesus yang sanggup dan mampu, jangan pandang dirimu yang tidak mampu. Tuhan Yesus sanggup menolong kehidupan saudara.

Seberapapun kecilnya kekuatan kita dapat dipakai Allah untuk melakukan sesuatu yang besar. Marilah serahkan semua kepada Tuhan dan Ia akan mengubahkan hidup kita menjadi mulia. 

Jalan buntu Dia ubahkan menjadi terusan,
Gunung tinggi Dia ratakan menjadi pijakan,
Benteng kokoh Dia hancurkan menjadi terobosan,
Kelemahan Dia ubahkan menjadi kekuatan,
Yang rendah Dia angkat menjadi tinggi,
Yang mustahil Dia jadikan tidak mustahil,
Segala sesuatu di tangan-Nya berubah dan dipakai-Nya untuk menolong dan memberkati setiap anak-Nya.

Percayalah selalu kepada Tuhan Yesus dan andalkan Dia dalam segala hal.

Tuhan Yesus memberkati! Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *