From Praha With Joy of The Lord

Menginjakkan kaki di negara Eropa dulunya sebatas mimpi saya saja.  Tapi di dalam Tuhan tidak pernah ada kata mustahil, sebab Tuhan memiliki kuasa yang tidak terbatas, sehingga mampu melakukan hal-hal yang melampaui apa yang kita harapkan dan pikirkan.

Hari ini, saya tiba di Praha, Republik Ceko, setelah melalui perjalanan panjang dari Bandung, Indonesia.
Menggunakan maskapai Lufthansa, dari bandara Soekarno Hatta, Jakarta menuju Praha di Eropa Tengah.  Pesawat transit di Kuala Lumpur, lalu selama 14 jam terbang dan transit di Frankfurt, Jerman. Setelah itu, terbang lagi selama 40 menit dan mendarat di Praha atau Prague, Republik Ceko.
Padahal seharusnya urusan pasport dan visa schengen tidak mungkin selesai dalam tiga minggu, namun oleh pertolongan Tuhan bisa selesai hanya dalam waktu 11 hari sejak passport dibuat.  Tiket dan uang saku pun disediakan oleh Tuhan dengan cara-Nya yang ajaib. Bila Tuhan sudah berkehendak maka semua pintu pasti akan terbuka.

Sungguh suatu kemurahan Tuhan Yesus, saya bisa ada disini saat ini, di sebuah kota yang memiliki banyak icon Kristen dengan gereja dan salib dimana-mana.  Praha adalah kota yang bagus dan tertib, salah satu tempat tujuan wisata pilihan di Eropa.

Maka dalam hal ini, saya menyadari bahwa memang pekerjaan Tuhan itu luar biasa baiknya. Tuhan Yesus sungguh sangat baik, Dia menyediakan yang kita perlukan dan Dia memberikan kesukaan dalam hati kita serta mewujudkan yang terbaik bagi kita. Benarlah ayat  yang berkata dalam  1 Korintus 2:9 , Tetapi seperti ada tertulis: “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.”   Ayat ini berbicara tentang pemberian Allah bagi manusia yang begitu berharga yaitu diri-Nya sendiri di dalam Yesus Kristus, untuk menebus manusia dari dosa dan penghakiman.  Ia memberikan kita kelepasan dan jaminan hidup yang kekal.  Ayat ini juga dapat dimaknai sebagai pernyataan kuasa pekerjaan Allah yang indah dalam hidup kita.  Ia punya rancangan yang baik dan sempurna melebihi setiap rancangan kita pribadi.

Dalam keadaan apapun marilah kita selalu berharap kepada Tuhan dan setia kepada-Nya sebab Tuhan selalu punya rencana yang indah bagi anak-anak-Nya. Tuhan Yesus memberkati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *