Satu Dalam Kristus

Nats Alkitab:
Karena jika yang seorang berkata: “Aku dari golongan Paulus,” dan yang lain berkata: “Aku dari golongan Apolos,” bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi yang bukan rohani? (1 Korintus 3:4)

Bacaan: 1 Korintus 3:1-9

Semua orang yang percaya kepada Kristus merupakan satu tubuh di dalam Kristus.  Yesus Kristus adalah kepala gereja. Kita semua adalah anggota-anggota tubuh-Nya.

Meskipun saat ini ada banyak denominasi gereja, dan kita masuk di salah satu denominasi yang berbeda satu sama lain, janganlah itu menjadi pemisah di antara orang-orang yang beriman.  Sesungguhnya kita semua adalah saudara-saudara seiman dalam Tuhan.

Ayat diatas menegur umat Tuhan yang menggolongkan diri mereka berdasarkan kepemimpinan seseorang.  Rasul Paulus mengingatkan bahwa hal yang semacam itu menunjukkan ciri manusia duniawi.  Apabila kita masih bangga dengan golongan atau merk gereja kita sendiri dan kita menganggap rendah orang lain yang berbeda denominasi, maka sebenarnya kita adalah termasuk golongan manusia duniawi.

Saatnya sekarang bagi kita semua untuk memiliki pandangan yang benar terhadap diri kita dan semua orang beriman.  Perbedaan tata cara ibadah bukanlah pemisah.  Meskipun berbeda liturgi dan tata cara, tapi kita semua satu di dalam Kristus.

Peristiwa kerusuhan agama di Poso, telah menyebabkan umat Kristen bersatu.  Peristiwa pemenggalan 21 orang Kristen Koptik Mesir oleh ISIS telah membuat umat Kristen Mesir bersatu. 

Jangan tunggu peristiwa buruk terjadi untuk mempersatukan kita.  Semua peristiwa yang telah terjadi seharusnya sudah cukup untuk menyadarkan kita semua bahwa sesungguhnya kita satu di dalam Tuhan Yesus Kristus.

Jangan bangga dengan merk gereja, karena bukan merk gereja yang menyelamatkan. Tuhan Yesus lah yang menyelamatkan kita. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *