Hanya Tuhan Sumber Jawaban

Nats Alkitab:
Aku akan menguatkan mereka, dan mereka akan bermegah di dalam nama TUHAN,” demikianlah firman TUHAN. (Zakharia 10:12)

Bacaan: Zakharia 10:1-12

Ayat 1-3 dari pasal ini berbicara tentang posisi Tuhan sebagai satu-satunya sumber jawaban atas segala persoalan.  Ada kecenderungan dari umat Tuhan untuk bertanya dan meminta petunjuk di luar Tuhan, dalam konteks ayat ini disebutkan tentang terafim dan juru-juru tenung.   Meminta petunjuk kepada dua oknum tersebut adalah suatu kejahatan dan sekaligus kesia-siaan, sebab jawaban yang mereka berikan adalah palsu.

Di jaman modern sekarang ini, praktek semacam ini masih ada, bahkan cenderung makin merajalela.  Paranormal memiliki saluran tv sendiri yang menayangkan acara konsultasi dan pemecahan masalah untuk.berbagai macam persoalan penyakit, rumah tangga, ekonomi dan sebagainya.

Beberapa stasiun tv menayangkan acara bersifat mistik dan okultisme seperti di trans tv dan trans7.  Sinetron-sinetron juga diwarnai secara dominan oleh aktifitas paranormal, mistik, okultisme dan penyembahan berhala seperti yang ditayangkan rcti dan sctv, diantaranya adalah ganteng-ganteng serigala, 7 manusia harimau, cantik-cantik magic, dan lain-lain.

Fenomena di media tv setidaknya menggambarkan bagaimana persepsi dan pandangan masyarakat dalam menghadapi suatu masalah. Ada indikasi bahwa banyak orang lebih cenderung untuk meminta petunjuk kepada paranormal, dukun, atau “orang pintar”, dibandingkan dengan meminta petunjuk dari Tuhan.

Saudara yang dikasihi Tuhan, sesungguhnya Tuhan itu hendak berbicara dan hendak memberitahukan hal-hal yang tersembunyi namun oleh karena manusia tidak meminta petunjuk dari Tuhan, maka manusia tidak memperoleh jawaban Tuhan.

Tuhan masih berbicara sampai hari ini. Suara-Nya dapat didengar. Bila kita mau memiliki dan melatih kepekaan untuk mendengar suara-Nya, dan senantiasa bersekutu dengan Firman-Nya dan berdoa, maka kita dapat mengerti kehendak-Nya dan mendengar suara-Nya dalam hati kita.

Jangan cari jawaban ke tempat lain selain Tuhan Yesus Kristus, karena Dia adalah jawaban bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *