Kerendahan Hati Cairns

Kerendahan-HatiNats Alkitab:
Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan. (Lukas 14:11)

Ada sebuah kisah tentang orang yang terkenal yang dijuluki Principal Cairns, yang begitu rendah hati sehingga dia bahkan tidak pernah memasuki ruangan pertama kali.  Dia akan selalu mengalah dan berkata kepada orang lain, “Anda dulu nanti saya mengikuti.”

Suatu kali, orang ini berada di antara para tamu terhormat di suatu acara besar.  Saat dia menaiki tangga menuju panggung, hadirin melihat Cairns dan langsung memberikan applause.  Ketika mendengar sorak-sorai itu, dia langsung menghentikan langkahnya dan memberi tanda kepada orang yang di belakangnya untuk maju lebih dulu karena menganggap bahwa tepuk tangan dan sorakan itu ditujukan kepada orang itu.  Kemudian, ia berdiri di belakang dan ikut bertepuk tangan.  Dia tidak pernah memimpikan bahwa tepuk tangan itu ditujukan kepadanya.

Tentu saja kerendahan hati seperti ini mengesankan banyak orang dan menimbulkan rasa hormat yang lebih tinggi terhadapnya.  Ketika kita senang berpikir bahwa kita besar dan penting, maka hal ini akan sangat memalukan jika mengetahui bahwa kita tidaklah sebesar dan sepenting itu.  Tetapi jika kita cukup rendah hati untuk membiarkan orang lain memperoleh applause dan perhatian, maka kita mungkin akan terkejut melihat betapa banyak orang yang menghargai dan menghormati kita.

(Josh McDowell & Bob Hostetler, “Don’t Go Hunting for Honor.”)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *