Perhitungan Hari Dan Tahun

asal-usul-penaggalan-masehiNats Alkitab:
Berfirmanlah Allah: “Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam.  Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun.” (Kejadian 1:14)

Hari ini orang-orang merayakan Tahun Baru Imlek 2566.  Kalender Imlek mendasarkan perhitungan dari peredaran bulan.  Penanggalan hari pertama tahun pertama dihitung dari hari lahirnya Kongfuzi (Confucius).

Kalender Masehi atau Kalender Al-Masih yang saat ini menunjukkan tahun 2015 mendasarkan perhitungannya pada peredaran matahari, serta memulai perhitungannya pada perkiraan hari kelahiran Yesus Kristus.

Kalender Yahudi sekarang ini menunjukkan tahun 5775 dan disebut lunisolar karena berpatokan pada perubahan musim yang dipengaruhi oleh putaran matahari dan bulan.  Perhitungan kalender ini didasarkan pada usia orang-orang yang tercatat dalam Alkitab dan 6 hari penciptaan.

Kalender Hijriyah mendasarkan perhitungannya pada peredaran bulan. Masih banyak kalender lain yang dibuat oleh suku bangsa tertentu yang mendasarkan pada peredaran matahari, bulan atau bintang.

Dari fakta ini kita dapat melihat bahwa apa yang dikatakan Allah dalam Alkitab sungguh benar terjadi.  Benda-benda penerang di langit menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun.  Fakta yang ada menunjukkan bukti nyata kebenaran isi Alkitab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *