Pujian Bagi Sang Ibu

mothercareSaya pernah membaca kisah seorang ibu yang mempunyai enam orang anak laki-laki dan membesarkan mereka dengan baik hingga besar dan mandiri, sampai mereka semua pergi dan hidup masing-masing jauh dari sang ibu.

Suatu ketika ibu ini mengalami sakit dan sedang mendekati waktu kematiannya. Keenam orang anaknya itu mendapatkan kabar tentang keadaan ibu mereka dan pulang untuk melihat bagaimana kondisi sang ibu.

Keenam orang anaknya laki-laki telah tiba dan masuk ke dalam rumah.  Anak yang tertua, yang sulung, seorang anak yang berbadan tegap dan kekar, mendekati ranjang ibunya dan berlutut di sampingnya seraya berkata: “Ibu, engkau telah menjadi ibu yang terbaik untuk kami semua anak-anakmu.”

Air mata mengalir keluar dari mata sang ibu dan ia membuka matanya, memandang kepada anaknya yang sulung dan berkata: “Anakku, aku telah berdoa terus menerus kepada Tuhan agar aku dapat menjadi ibu yang baik bagi kalian semua.  Itulah doaku yang kupanjatkan melebihi doa-doa yang lainnya. Aku kuatir bahwa aku tidak dapat menjadi ibu yang baik dan aku tidak pernah tahu bagaimana penilaian kalian semua kepada ibu, apakah ibu telah gagal ataukah telah menjadi ibu yang baik buat kalian?  Sebab selama ini tidak pernah ada satupun dari kalian yang mengatakan bahwa ibu adalah ibu yang baik kecuali hari ini saat ibu mendengar kau mengucapkannya.” (Charles A. Blanchard)

Sudahkah kita mengucapkan terima kasih kepada ibu kita akan kebaikannya?  Sudahkah kita nyatakan bahwa ibu kita baik kepada kita?  Mari ucapkanlah perkataan pujian buat ibu kita yang telah mengandung dan membesarkan kita. Katakanlah bahwa ia telah begitu baik selama ini dan selalu baik buat kita anaknya.

“Sebab Allah berfirman: Hormatilah ayahmu dan ibumu; dan lagi: Siapa yang mengutuki ayahnya atau ibunya pasti dihukum mati.” (Matius 15:4)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *