Zoe atau Bios ?

zoe
Zoe: “Dan inilah janji yang telah dijanjikan-Nya sendiri kepada kita, yaitu hidup yang kekal.” (1 Yoh.2:25)

Selamat pagi saudara yang terkasih dalam Kristus,
Suatu kali saya pergi ke sebuah pusat perbelanjaan dan melihat-lihat di bagian elektronik ada etalase terbuka yang memajang berbagai macam merek dan type handphone yang terbaru. Tampilan berbagai handphone itu begitu menarik dan saya mendekati untuk melihat lebih dekat.  Saat saya memegang handphone yang dipajang itu, ternyata itu hanyalah “dummy” atau tiruan dari handphone sebenarnya.
Handphone “dummy” ini nampak seperti hp yang sebenarnya, tapi tidak bisa berfungsi sama sekali karena hanya sebuah tiruan.

Kehidupan kita di dunia sekarang ini adalah ibarat “dummy” dari kehidupan yang kekal yang sesungguhnya.  Namun, ada banyak orang yang mencintai “dummy” daripada yang sebenarnya.  Banyak orang yang lebih berfokus pada “dummy” yakni kehidupan duniawi yang sementara daripada hidup yang sebenarnya di dalam sorga.

Dalam Yohanes 12:25 tertulis: “Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya untuk hidup yang kekal.”
Terjemahan lain dari ayat ini adalah “Barangsiapa yang mencintai hidupnya yang sekarang ini, ia akan kehilangan hidupnya, tetapi barangsiapa yang tidak mencintai hidupnya di dunia ini, ia akan memeliharanya untuk hidup yang kekal.”

Dalam Alkitab Perjanjian Baru terjemahan asli Yunani, ada perbedaan kata yang dipakai untuk menjelaskan hidup yang jasmani dengan hidup yang kekal.  Hidup yang jasmani disebut “Bios” dan hidup yang kekal disebut “Zoe”.  Tuhan Yesus datang untuk memberikan Zoe yaitu hidup yang kekal dan memberinya dalam segala kelimpahan. (Yoh. 10:10)

Hal ini seperti seorang yang memegang handphone “dummy” lalu kemudian ada yang memberikannya handphone beneran.  Mana yang mau dia pilih? “Dummy” atau “Yang sejati”.  Mana yang saudara pilih? Yang sementara atau yang kekal?  Tuhan Yesus telah memberikan kepada kita Zoe yakni kehidupan yang kekal yang rohani yang sifatnya selamanya dan sejati, apakah kita mau hidup di dalamnya atau masih berfokus kepada “bios” dan tidak mau melepaskan ikatan terhadap “bios”?

Bios itu berarti kehidupan yang jasmani atau kehidupan sehari-hari sedangkan Zoe berarti kehidupan yang rohani dan yang kekal.  Setiap orang beriman kepada Kristus harus berfokus kepada yang rohani bukan kepada yang jasmani. Itu sebabnya Tuhan Yesus berbicara tentang pentingnya mengutamakan yang rohani daripada yang jasmani: “Carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenaran-Nya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu”.   Bila kita mengutamakan Zoe, maka kehidupan bios kita akan ditambahkan oleh Tuhan.

Saudara yang dikasihi Tuhan, sudahkah kita berfokus kepada yang rohani dan kekal? Jangan lepaskan pemberian Tuhan Yesus yang kekal, hanya untuk mengejar yang sementara!

One thought on “Zoe atau Bios ?”

  1. Amin. Seperti Rasul Paulus yang memandang yang tidak kelihatan yang bersifat kekal ketimbang yang kelihatan yang bersifat sementara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *