Kelahiran-Nya Ajaib

mariaNats Alkitab:
“Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil.” (Lukas 1:37)

Kelahiran Yesus Kristus merupakan suatu peristiwa yang ajaib dan mujizat.  Kelahiran-Nya telah dinubuatkan para nabi.  Yesaya menubuatkan seorang perawan akan mengandung, dan Anak itu akan disebut penasehat ajaib, Allah yang perkasa, Bapa yang kekal dan Raja damai. Mengandungnya seorang perawan merupakan suatu kemustahilan bagi manusia, namun bagi Allah tidak ada yang mustahil.

Ayat di atas merupakan jawaban malaikat Gabriel kepada Maria atas pertanyaannya : “Bagaimanakah hal itu dapat terjadi, karena aku belum bersuami?”  Pemikiran Maria merupakan gambaran umum pemikiran manusia yang dipenuhi dengan akal logika.  Kuasa Allah melampaui semua akal logika manusia karena Allah yang maha kuasa itu sanggup melakukan hal-hal yang melebihi batas-batas kemampuan manusia dan alam ciptaan-Nya.

Kelahiran Yesus Kristus yang tanpa campur tangan manusia, bukan dari benih manusia berdosa, melainkan dari benih yang suci yakni benih Allah, menunjukkan tanda kesucian Yesus sejak dari dalam kandungan Maria.  Dia tidak berasal dari pertemuan benih sel laki-laki dan perempuan, namun Allah sendiri yang mengintervensi kandungan Maria, sehingga dalam kandungannya ada sesosok janin yang Ilahi.

Injil Yohanes menyebutkan tentang Firman yang menjadi manusia itu.  Pada mulanya adalah Firman, Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.  Dia telah ada sejak dari mulanya, dan segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.  Firman itu telah menjadi manusia dan diam di antara kita.

Allah yang mulia itu telah menjadi manusia.  Ia rela meninggalkan tahta-Nya untuk menjadi manusia sama seperti kita. Semua dilakukan Allah karena kasih-Nya kepada manusia, demi menyelamatkan manusia dari dosa.

Kelahiran Yesus bukanlah kelahiran yang biasa. Ini perlu saudara dan saya sadari karena hal ini merupakan suatu hal yang penting untuk kita pahami dengan jelas.  Bila saudara sulit untuk memahami keajaiban kelahiran-Nya, maka saudara mungkin telah terlalu didominasi dengan pemikiran logika yang terbatas.  Ketahuilah bahwa tidak ada yang mustahil bagi Allah.  Bagi saudara banyak yang mustahil, tapi bagi Allah tidak ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *