Perlindungan Bapa

Nats Alkitab:
Aku akan melindungi dan memberkatimu. (Kejadian 26:3a – Alkitab Bahasa Indonesia Masa Kini)

Menjadi seorang ayah dari empat orang anak membuat saya semakin mengerti bagaimana sebenarnya hati Bapa Sorgawi terhadap anak-anak-Nya yang ada di dalam dunia ini.

Kerinduan hati seorang ayah adalah agar anaknya dapat hidup selalu berbahagia, berkecukupan dan tidak kekurangan serta berada dalam keadaan yang aman.

Konsep tentang Allah Bapa yang mengasihi merupakan konsep yang Alkitabiah dan benar. Sebagian orang berpendapat bahwa Allah menghendaki umat-Nya hidup dalam penderitaan. Hal ini tidaklah sesuai dengan kebenaran firman Allah.  Sifat Allah yang maha kasih tak dapat membiarkan ciptaan-Nya itu dalam kesusahan. 

Fakta adanya penderitaan yang dialami umat Tuhan seharusnya tidak mengubah konsep pemikiran kita tentang Allah Bapa yang maha baik. Tentu ada maksud dan rencana Allah dalam semua yang terjadi dalam kehidupan kita.

Kehadiran Tuhan Yesus memberi gambaran tentang sifat dan kehendak Allah bagi manusia.  Ia membebaskan yang terbelenggu oleh setan, menyembuhkan yang sakit, membangkitkan yang sudah mati, mengampuni orang berdosa, memberikan kesempatan dan kemurahan untuk bertobat, memberikan kabar baik kepada yang miskin dan menderita, memperhatikan kebutuhan jasmani manusia (memberi makanan kepada 5000 orang dan 4000 orang), dan selalu menunjukkan belas kasihan. Betapa Allah Bapa mengasihi kita tercermin dalam kehidupan dan pelayanan Tuhan Yesus Kristus.

Nats Alkitab di atas berbicara tentang janji Allah kepada Abraham dan keturunannya. Tuhan berjanji untuk melindungi dan memberkati Abraham. Janji ini telah sampai kepada kita oleh karya Tuhan Yesus Kristus di atas salib.  Sebab kita ini adalah keturunan-keturunan Abraham, bukan secara daging tetapi karena perjanjian.  Kita semua yang percaya kepada Yesus Kristus telah menjadi anak-anak Perjanjian yang mewarisi Janji Allah Bapa kepada Abraham.

Inilah Bapa Sorgawi kita yang maha baik, yang berkata: “Aku akan melindungi dan memberkatimu.”

Kita semua dilindungi dan diberkati oleh Bapa sorgawi. Amin. Syukur kepada Tuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *