Tanda Nabi Yunus

Kemudian datanglah orang-orang Farisi dan Saduki hendak mencobai Yesus. Mereka meminta supaya Ia memperlihatkan suatu tanda dari sorga kepada mereka.
Tetapi jawab Yesus: “Pada petang hari karena langit merah, kamu berkata: Hari akan cerah,
dan pada pagi hari, karena langit merah dan redup, kamu berkata: Hari buruk. Rupa langit kamu tahu membedakannya tetapi tanda-tanda zaman tidak.
Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.” Lalu Yesus meninggalkan mereka dan pergi.
(Matius 16:1-4)

Orang-orang Farisi dan Saduki meskipun sudah melihat kuasa mujizat dan pekerjaan yang Tuhan Yesus lakukan, masih meminta suatu tanda dari sorga mengenai kemesiasan Yesus Kristus.  Seolah-olah mereka hendak percaya kepada Yesus apabila ada suatu tanda lain dari sorga selain mujizat-mujizat yang sudah Yesus kerjakan.

Yesus berkata bahwa kepada mereka, yaitu angkatan yang jahat dan tidak setia itu, tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.

Apa itu tanda nabi Yunus?
Nabi Yunus masuk ke dalam perut ikan selama 3 hari dan setelah itu ia dikeluarkan dari perut ikan.  Hal ini mengandung arti kematian dan kebangkitan.  Masuknya Yunus ke dalam perut ikan sama saja dengan kematian Yunus, namun ia tidak mengalami kematian namun ia kembali hidup setelah 3 hari, ikan yang sangat besar itu mengeluarkan Yunus di pantai, sesuai perintah Allah.

Demikian halnya dengan Yesus Kristus, Ia telah disalibkan dan masuk ke dalam alam maut, tetapi alam maut tidak dapat menguasainya, dan pada hari yang ketiga Yesus bangkit dan hidup.

Bagi saudara di jaman ini, yang masih meminta tanda akan kemesiasan Yesus Kristus, maukah saudara percaya bila saudara melihat “Tanda Yunus”?
Inilah “Tanda Nabi Yunus” yang begitu banyak tersebar di berbagai negara di dunia:

image

Salib telah menjadi “Tanda Nabi Yunus” bagi dunia ini. Salib melambangkan kematian dan kebangkitan Yesus. Salib juga merupakan lambang kemenangan dan penebusan dosa.

Percayalah kepada Tuhan Yesus maka engkau akan selamat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *