Hari-hari Penciptaan

earthKejadian pasal 1 menceritakan penciptaan langit, bumi dan segala isinya yang dikerjakan oleh Allah.  Allah hanya berfirman maka semuanya itu jadi.  Kuasa firman Tuhan itu nyata dalam realita historis kehidupan alam semesta.
Jangka waktu Allah menciptakan dunia ini, tercatat dalam Kejadian satu, selama 6 hari, dan pada hari ketujuh Dia beristirahat dari segala pekerjaan penciptaan itu.
Apa saja yang diciptakan oleh Allah dari hari pertama hingga keenam? Berikut ini adalah rinciannya:
Hari ke-1:
– Langit dan bumi
– Terang, ada siang dan ada malam
Hari ke-2:
– Cakrawala
Hari ke-3:
– Daratan dan Lautan
– Segala jenis tumbuh-tumbuhan
Hari ke-4:
– Benda-benda penerang pada cakrawala: matahari, bulan dan bintang-bintang, ini termasuk planet-planet lainnya, dan segala gugusan bintang-bintang
 Hari ke-5:
– segala jenis mahkluk hidup di dalam air
– segala jenis burung yang bersayap
Hari ke-6:
– Manusia, diciptakan menurut gambar dan rupa Allah (serupa dan segambar dengan Allah)
– segala jenis mahkluk hidup di darat, ternak, binatang melata dan binatang-binatang liar
Ada satu hal perbedaan ketika Allah menjadikan manusia dibandingkan dengan yang lain.  Bila yang lain Allah hanya berfirman maka menjadi ada, ketika menciptakan manusia Allah tidak berfirman, tetapi Dia membentuknya dari tanah lalu menghembuskan nafas hidup kepadanya. Hal ini tercatat dalam Kejadian 2:7.  Ini menunjukkan bahwa manusia merupakan ciptaan yang spesial, yang berbeda dari ciptaan lainnya.
Dalam ayat 31 dikatakan: “Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik.” Jadi jelas bahwa Allah membuat segala sesuatu dengan sempurna dan amat baik adanya, bukan sekedar baik tetapi amat baik, ini menunjukkan suatu tingkat kualitas penciptaan yang Allah kerjakan, bukan main-main, tetapi suatu keseriusan Allah dalam menciptakan segalanya.

Leave a Reply