Makna Kedatangan Yesus

“Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.” (Matius 1:21)

Bulan ini kita merasakan nuansa Natal di banyak tempat, apalagi banyak acara ibadah Natal diadakan oleh berbagai gereja dan persekutuan.  Natal identik dengan kegembiraan dan hadiah. Bahkan di Dubai, Uni Emirat Arab dibangun pohon Natal yang mewah dan mahal. Tapi, tahukah kita makna Natal sebenarnya.

1. Natal berarti Kelahiran Sang Juruselamat.
Lukas 2:10-11  tertulis: Lalu kata malaikat itu kepada mereka: “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa:
Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.” Kelahiran Yesus Kristus bukan kelahiran biasa. Sorga gegap gempita dan bumi bersuka oleh karena seorang Juruselamat telah lahir.  Ia bukan manusia biasa-biasa. Ia adalah Firman Allah yang menjadi manusia. Ia adalah Allah sendiri. Kelahiran-Nya merupakan peristiwa ajaib. Dilahirkan oleh seorang perawan suci bernama Maria, yang dikandung oleh Roh Kudus.  Kelahiran Kristus adalah kesukaan besar bagi seluruh dunia.

2. Natal berarti Keselamatan Bagi Manusia.
Kedatangan Yesus telah dinubuatkan jauh-jauh sebelumnya. Para nabi dahulu kala membicarakan tentang Dia. Bahkan mereka juga merindukan untuk melihat-Nya. Manusia selama ini terbelenggu dosa dan menuju kebinasaan, usaha manusia untuk berbuat baik tidak ada gunanya bagi keselamatannya, sebab firman Tuhan berkata bahwa perbuatan baik manusia bagaikan kain kotor. Efesus 2:8  tertulis: “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah.”
Melalui apa? Melalui penebusan Yesus Kristus di atas Salib. Ia mati untuk menebus segala dosa kita dan menyelamatkan kita.

3. Natal berarti Allah Mengasihi Kita.
Kedatangan Allah menjadi manusia merupakan bukti akan betapa besarnya Kasih Allah kepada manusia yang Ia ciptakan. Yohanes 3:16 tertulis: “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”  Ia disebut sebagai Anak Allah sebagai sebuah predikat yang menunjukkan kesamaan-Nya dengan Allah sendiri.  Yesus Kristus sendiri menyebutkan bahwa Ia dan Bapa adalah satu. Ia adalah Allah sendiri. Dan karena kasih-Nya maka Ia datang untuk menyelamatkan manusia yang dikasihi-Nya.

Di Natal tahun 2013 ini, sudahkah saudara meresponi kasih Allah yang begitu besar itu? Ia datang untuk saudara juga agar saudara tidak dihukum dan tidak binasa tetapi supaya saudara memperoleh keselamatan dan kehidupan kekal.

Maukah saudara percaya dan menerima Yesus dalam hidupmu?
Maukah saudara selamat dan hidup kekal?
Jika saudara mau, berdoalah demikian:
” Tuhan Yesus, saya percaya Engkau datang untuk menyelamatkan saya. Saya percaya Engkau adalah Tuhan dan Juruselamat manusia.
Ampunilah semua dosa saya dan pimpinlah hidup saya mulai saat ini. Amin.”

Tuhan Yesus memberkati saudara semuanya, haleluya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *