Mau Apa Setelah Keluar Penjara?

ImageShalom saudara yang dikasihi Tuhan Yesus,

Pertanyaan ini mungkin muncul dalam pikiran saudara-saudara yang baru saja keluar dari penjara: “Mau apa setelah keluar penjara?”  Kiranya jawaban yang akan diberikan di sini akan menguatkan saudara untuk hidup dalam firman Tuhan sehingga rencana Tuhan yang indah itu nyata dalam hidup saudara.

Ada beberapa hal yang harus saudaraku ketahui dan ini merupakan suatu kebenaran yang hendaknya menjadikan saudara dapat berdiri di atas firman Tuhan dengan sukacita dan penuh pengharapan akan masa depan cerah yang Tuhan sediakan.

1.  Jangan ingat masa lalu, pandanglah hari esok di dalam Tuhan.
Semua yang sudah terjadi di masa yang lalu, biarkan itu berlalu.  Jangan diingat-ingat apalagi disimpan menjadi dendam atau amarah.  Mungkin saudara dijebak atau dipersalahkan atau dihakimi dengan tidak adil, biarkanlah itu menjadi masa lalu saudara. Bukalah lembaran yang baru kehidupan anda bersama Tuhan Yesus. Ada sukacita dan kebahagiaan tersedia di depan saudara.

2. Engkau adalah ciptaan yang baru
Alkitab berkata bahwa siapa yang ada di dalam Kristus Yesus adalah ciptaan yang baru, yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.  (2 Kor. 5:17)
Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju, sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba. (Yesaya 1:18).  Percayalah bahwa semua dosamu sudah diampuni Tuhan, dan engkau telah menjadi ciptaan yang baru.  Oleh karena itu, jangan lagi terintimidasi dengan dosa masa lalu yang membayangi saudara.  Tuhan Yesus mengasihi dan hendak memulihkan hidup saudara yang datang bertobat dan mau hidup dalam kehendak-Nya.

3. Jangan berbuat dosa lagi
Ketika Tuhan Yesus mengampuni seorang yang berdosa, maka pesan Tuhan adalah: “Pergilah dan jangan berbuat dosa lagi.”  Hindarilah perbuatan dosa yang sama yang dulu pernah menjerumuskan saudara, dan juga dosa-dosa lainnya. Hindari teman-teman yang dapat merusak kehidupan saudara, sebab pergaulan yang buruk merusakkan kelakuan yang baik. (1 Kor. 15:33)

4. Carilah pekerjaan yang baik dan kerjakan dengan setia
Bekerjalah agar saudara dapat memenuhi kebutuhan hidup saudara.  Carilah pekerjaan yang sesuai dengan minat atau kemampuan saudara. Mulailah dengan perkara-perkara kecil, dan setialah dalam hal itu, sebab Tuhan akan memberikan perkara-perkara yang besar sesudahnya. Saudara juga bisa membuka usaha bila memungkinkan, intinya adalah carilah alternatif pekerjaan atau usaha yang cocok buat saudara.  Jangan berhutang untuk membuka usaha, dan usahakan untuk tidak meminjam. Jangan berhenti belajar karena dengan belajar hal-hal yang baru kapasitas dan kemampuan saudara akan bertambah.

5. Layanilah Tuhan dan carilah komunitas orang percaya yang menopang saudara
Tuhan harus selalu menjadi yang utama dalam hidup kita. Jangan lupa untuk melayani Tuhan dengan apa yang kita bisa lakukan. Sekecil apapun bentuk pelayanan itu dapat menjadi berkat buat orang lain dan membangun diri sendiri.
Bergabunglah dalam komunitas orang-orang percaya, sehingga saudara akan terus berada dalam lingkaran keluarga Allah yang saling mengasihi dan menjaga satu sama lain.  Hiduplah dalam kasih, yaitu mengasihi Allah dan sesama dengan segenap hati. Tuhan memberkati! (BT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *