Resep Hidup Sehat

hidup-sehat-olahragaSewaktu sehat seringkali kita gak menyadari bahwa betapa berbahagianya kita karena bisa sehat. Itu adalah anugerah Tuhan yang luar biasa buat kita.

Sewaktu sakit, biasanya kita baru sadar kalo sehat itu ternyata harus disyukuri. Dan harus kita hargai juga dengan cara menjaga hidup kita sesuai kehendak Tuhan.

Bagaimana resep hidup sehat menurut Firman Tuhan? Apakah ada arahan atau petunjuknya? jelas ada.
Berikut ini saya bagikan sebagai berikut:

1. Jangan lupa beribadah.
Tuhan menyuruh kita untuk menyembah dan beribadah kepadaNya serta merayakan hari Tuhan secara khusus satu hari dalam seminggu. Itulah sabat bagi Tuhan.(Kel.20:1-8, Maz.100:2, Ibr.10:25)

2. Jangan lupa istirahat dari bekerja.
Jangan bekerja terus tanpa istirahat. Tuhan mau kita beristirahat untuk kebaikan kita juga. Sebab selama 6 hari kita bekerja dan satu hari yang lain adalah untuk beristirahat. Dalam satu hari juga ada 24 jam, tapi bukan semuanya untuk bekerja, harus dipakai seimbang untuk bekerja, untuk keluarga, dan beristirahat.

3. Jangan lupa makan
Biasanya orang kalau sudah sibuk kerja, bisa sampai lupa makan. Akibatnya tubuh fisik menjadi lemah karena kekurangan zat gizi yang diperlukan, sehingga gampang terkena penyakit karena tidak fit.
Nabi Elia, diberi makan oleh Tuhan di bawah pohon arar supaya dia punya kekuatan fisik yang cukup, sehingga ia sanggup berjalan sangat jauh. (1 Raj. 19:5,7). Jadi, jangan lupa makan yang cukup ya dan yang pasti harus bergizi.

4. Jangan lupa tidur
Semakin modern semakin larut jam tidur orang. Ini gak boleh terjadi sama kamu, karena meskipun acara tv begitu menarik, tapi mata dan tubuhmu perlu tidur. Dengan tidur, tubuh kita akan mengalami pemulihan. Kekebalan tubuh juga makin kuat. Stamina tubuh juga kembali normal. Tuhan Yesus juga tidur, karena dalam keadaannya sebagai manusia, dia mengalami juga kelelahan karena pelayanan yang padat. Alasan apapun, apakah pekerjaan ataupun pelayanan, jangan membuat kita mengabaikan yang satu ini, tidur. Karena ini juga suatu yang dibuat oleh Tuhan sendiri. Bukan suatu yang bertentangan dengan Firman Allah.

5. Jangan stress
Kuatir, pusing dengan berbagai masalah dan persoalan hidup, apakah itu ekonomi, pekerjaan, rumah tangga, jangan sampai membuat kita menjadi stress dan bahkan depresi. Kuatir mungkin muncul, tapi segera datang pada Tuhan Yesus, berdoa minta kekuatan dan serahkan semua kekuatiran kita padaNya, karena Ia yang memelihara hidup kita. (1 Pet. 5:7). Gak usah kuatir tentang apapun juga, bahkan matipun adalah sebuah keuntungan dalam Tuhan Yesus.

6. Bersukacitalah senantiasa
Ini sudah harus jadi kebiasaan sebagai orang Kristen. Karena Roh Kudus yang ada dalam hidup kita telah memberikan sukacita yang berlimpah. Bersukacita juga memerlukan kemauan diri kita pribadi untuk melakukannya. Maukah anda bersukacita? Kalau kamu mau, maka sukacitamu pasti akan melimpah. (1 Tes. 5:16)

7. Jangan lupa berolahraga atau bermain.
Tapi jangan bermain game, bermainlah sesuatu yang membuat tubuh anda bergerak, sebab bermain membuat pikiran kita menjadi senang. Sama seperti masa anak-anak, yang suka bermain, mereka selalu riang gembira. Orang dewasa juga butuh bermain, entah itu olahraga, pingpong, futsal, atau permainan luar ruangan lainnya. Apalagi bila bermain bersama keluarga, istri/suami dan anak-anak, akan menambah rasa senang dan gembira. Berjalan kaki pagi atau sore hari juga baik buat tubuh.

Demikianlah 7 point resep untuk hidup sehat menurut Firman Tuhan.
Kalau anda mengalami sakit, berdoalah, dan percayalah Tuhan pasti akan menolong dan menyembuhkan saudara. Sebab penyakit kita dan penderitaan kita telah dipikul dan ditanggung olehNya, dan oleh bilur-bilurNya kita telah menjadi sembuh. Amin.

Tuhan Yesus memberkati saudara semua!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *