Apa Makna Paskah Buatmu?

Paskah pada Perjanjian Lama merupakan Hari Raya untuk memperingati keluarnya bangsa Israel dari perbudakan di Mesir. (Keluaran 12).
Hal ini merupakan suatu gambaran tentang pengorbanan Kristus, karena setiap upacara dan hari raya umat Israel di Perjanjian Lama, begitu juga dengan Taurat, merupakan gambaran  tentang kedatangan Yesus Kristus, sang korban yang sempurna yang akan menghapus dosa dunia. (Ibrani 10:1)
Paskah memiliki makna baru oleh karena Tuhan Yesus Kristus. Pada malam sebelum Ia diserahkan, Tuhan Yesus memecahkan roti dan berkata bahwa roti itu adalah tubuh-Nya yang diserahkan bagi semua umat manusia, dan kemudian Ia mengambil cawan berisi anggur dan berkata bahwa anggur ini adalah darah-Nya, yaitu darah perjanjian yang ditumpahkan untuk pengampunan dosa.(1 Kor. 11:23-26).

Paskah merupakan peringatan akan kematian dan kebangkitan Kristus. Paskah merupakan peristiwa kemenangan yang membawa harapan akan keselamatan seluruh umat manusia. Yesus Kristus, domba yang tak bercela, pribadi ilahi yang tak berdosa, telah dikorbankan untuk menggantikan setiap manusia dalam menerima penghukuman Allah.

Ia telah meninggalkan sorga dan menjadi manusia. Ia telah rela menjadi hina dan menanggung dosa kita dengan cara mati disalibkan.  Apa makna paskah buat kita?

Paskah adalah peristiwa pengorbanan Yesus bagi kita manusia.
Maknanya bagi kita salah satunya adalah bahwa kita pun harus mengikuti teladan Yesus yang mau berkorban.
Marilah kita berkomitmen dengan rela hati mau mengorbankan diri kita untuk sesama, mengasihi sesama lebih lagi, dimulai dari keluarga kita sendiri.

Kasihilah dan korbankan ego pribadi kita untuk orang-orang yang kita sayangi yang paling dekat dengan kita. Dan tunjukkanlah kasih kepada semua orang dengan cara menerima dan mengampuni tanpa membeda-bedakan.

Seperti Kristus yang mengampuni, marilah kita mengampuni.
Seperti Kristus yang berkorban, marilah kita berkorban bagi orang lain.
Seperti Kristus yang telah mati, marilah kita matikan segala keinginan duniawi dan jasmani yang bertentangan dengan kehendak Allah.
Marilah kita hidup bagi Kristus dengan memancarkan kasih-Nya ke sekeliling kita.

Selamat Paskah. Tuhan Yesus sudah mati dan bangkit membawa pendamaian dan harapan bagi kita semua.